Terima kasih telah berkunjung ...
Terima kasih telah berkunjung ...

Sabtu, 21 Januari 2017

Contoh RPP SMP K13 Bahasa Inggris Skill Speaking



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP 1
Satuan Pendidikan          : SMPN 1
Mata Pelajaran                : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester                : VII/I (Satu)
Materi Pokok                   : Chapter I (How are you?)
Skill                                   : Speaking
Alokasi waktu                  : 2x 45 menit
A.      Kompetensi Inti       
KI 1:    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang di anutnya.
KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli ( toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3:Memahami pengetahuan (Faktual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 :  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan mengurai, merangkai, memodifikasi, dan memuat) dan ranah abstrak  ( menulis, membaca, menghitung, menggambarkan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pendang/ teori.
B.       Kompetensi Dasar
3.1     :Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf,serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaanya.
4.1 :Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan sesuai konteks.
C.    Tujuan Pembelajaran
·         Siswa mampu untuk mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari ungkapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi serta responnya.
·         Siswa mampu untuk mengungkapkan dan merespon ungkapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi.
·         Siswa mampu untuk membuat dialog dan menampilaknnya di depan kelas dengan menggunakan ungkapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi.

D.    Materi Pembelajaran
·           Tema
Ø  How are you
·           Materi
Ø  Great, Thank, Take leave, Apologize.
·           Fungsi sosial
Ø  Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
·           Struktur teks
Ø  Good Morning.
Ø  How are you?
Ø  Fine
Ø  Thank you
Ø  Semacamnya.
·           Unsur kebahasaan
Ø  Kosa kata      : Good Morning, Fine, Thank you.
Ø  Tata bahasa   :  am, are.
Ø  Ucapan, tekanan kata, dan intonasi.
Ø  Ejaan dan tanda baca
Ø  Tulisan tangan
·           Topik
Ø Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku santun dan peduli.
E.  Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan Pertama :
·         Model Pembelajaran : Contextual Teaching and Learning
·         Pendekatan : Total Physical Respond
·         Strategi : Observe Practice
·         Metode : Role Play

Langkah Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan












·      Guru member salam (Greeting)
·      Berdoa sebelum  memulai pelajaran
·      Guru memeriksa kehadiran siswa
·      Guru member motivasi belajar siswa secara kontekstual sesuai manfaat dan  materi ajar dalam kehidupan sehari-hari.
·      Guru menjelaskan indikator pembelajaran yang akan dicapai 
10 Menit
Kegiatan Inti














































































Observing (Mengamati)
·      Melihat, mendengar dan menyaksikan guru; menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf  dalam bahasa inggris untuk dapat diperkenalkan pada siswa.
·      Guru mengulangi berkali-kali secara interaktif mengajak peserta didik untuk mengamati secara jelas.
·      Menirukan guru mengatakan setiap kalimat.
15 menit
Questioning (Menanya)
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara ungkapan perkenalan diri dalam bahasa inggris dan dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain.
10 menit
Eksperimenting (Mencoba)
·      Mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi; sapaan, pamitan, ucapan terimakasih dan permintaan maaf serta responnya dalam bahasa inggris dari film, kaset, buku teks, dsb.
·      Menirukan contoh-contoh interaksi sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan maaf, serta responnya dalam bahasa inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi dan sikap yang benar.
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, mengidentikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan).
·      Secara kolaboratif, berusaha menggunakn bahasa inggris untuk sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan maaf serta responnya dalam konteks pembelajaran simulasi, role play, dan kegiatan lain yangt terstruktur
Associating (Menalar/ Mengasosiasi)
·      Membandingkan berbagai ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf serta responnya yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·      Membandingkan ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, serta responnya yang telah dipelajari  tersebut di atas dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
·      Memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.

15 menit






























15 menit
































 

Kegiatan Penutup




Commuicating (Mengomunikasikan)
·      Menggunakan bahasa Inggris setiap kali muncul kesempatan untuk menyapa,berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, serta responnya di dalam dan di luar kelas, untuk menjaga hubungan interpersonal dan sesuai dengan konteksnya.
·      Berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Membicarakan permasalahan yang dialami dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyapa, berpamitan,mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, serta responnya, dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.




·      Guru bersama peserta didik menyimpulkan  materi yang telah dipelajari.
·      Memberikan kesempatan kepada peserta didik menyampaikan kesulitan yang dialami selama proses pembelajaran.
·      Guru dan peserta didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk berikutnya.
·      Peserta didik dan guru mengucapkan salam perpisahan.
10 menit
































     15    Menit


F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.      Penilaian Sikap
NO
Aspek Penilaian Sikap
Kriteria
Perolehan Skor
1
Apakah siswa jujur dalam berinterksi dengan orang lain?
3= Selalu jujur
2= Kadang jujur
1=  Tidak jujur

2
Apakah siswa disiplin dengan berinteraksi dengan orang lain?
3= Selalu displin
2= kadang disiplin
1= Tidak disiplin

3
Apakah siswa disiplin dalam berinteraksi dengan orang lain?
3= Selalu bertanggung  jawab
2= kadang bertanggung jawab
1= Tidak bertanggung  jawab

4
Apakah siswa bersikap peduli dalm berinteraksi dengan orang lain?
3= Selalu peduli
2= Kadang peduli
1= Tidak peduli

5
Apakah siswa santun dalm berinteraksi dengan orang lain?
3= Selalu santun
2= kadang santun
1= Tidak santun


2.      Penilaian Pengetahuan
Ø  Teknik penilaian   : Tes Tulis
Ø  Bentuk instrumen : Melengkapi dialog
Ø  Instrumen             : silahkan buat instrumen sesuai dengan bahan ajar anda


 
Ø  Rubrik penilaian

No
Aspek yang dinilai
Kriteria
Skor

1


Tujuan Komunikatif
Sangat memahami
4
Memahami
3
Cukup memahami
2
Kurang memahami
1

2

Keruntutan teks
Struktur teks yang dugunakan sangat runtut
4
Struktur teks yang digunakan runtut
3
Struktur teks yang digunakan cukup runtut
2
Struktur teks yang digunakan kurang runtut
1

3

Pilihan kosa kata
Sangat variatif dan tepat
4
Variatif dan tepat
3
Cukup variatif dan tepat
2
Kurang variatif dan kurang tepat
1

4

Pilihan tata bahasa
Sangat tepat
4
Tepat
3
Cukup tepat
2
Kurang tepat
1
            (Referensi Rubrik Penilaian : Syaripah Azizah, S.Pd)

Ø  Pedoman penskoran
Nilai Siswa  = skor perolehan / skor maksimal x 100

3.      Penilaian Keterampilan
Ø  Teknik penilaian          : Tes Lisan
Ø  Bentuk instrumen        : Performance
Ø  Instrumen                    : silahkan berikan instrumen sesuai dengan bahan ajar anda








 











Ø  Rubrik penilaian   :


No

Aspek yang Dinilai

Kriteria

Skor


1


Pengucapan
( pronounciation)
Hampir sempurna
4
Ada beberapa kesalahan namun tidak mengganggu makna.
3
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
1




2




Intonasi
( Intonation )


Hampir sempurna




4
Ada beberapa kesalahan namun tidak mengganggu makna.
3
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
1

3

Kelancaran
( fluency )
Sangat lancar
4
Lancar
3
Cukup lancar
2
Tidak lancar
1

4

Ketepatan makna
( Accuracy )
Sangat tepat
4
Tepat
3
Cukup tepat
2
Tidak tepat
1
         (Referensi Rubrik Penilaian : Syaripah Azizah, S.Pd)

Ø  Pedoman penskoran
Nilai Siswa  = skor perolehan / skor maksimal x 100

4.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

Ø  Pembelajaran Remedial
Peserta didik yang belum mencapai KKM diberi kegiatan remedial dengan mendengarkan dan menirukan ungkapan-ungkapan mengucapkan dan merespon sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf  terkait dengan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan.
Ø  Pembelajaran Pengayaan
Peserta didik yang memperoleh nilai diatas KKM diberi pengayaan dengan membuat dialog mengenai ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari.
G. Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
Ø  Media / Alat          : Video, Laptop, LCD
Ø  Bahan                    : Pictures, text of dialogues
Ø  Sumber belajar      : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik  Indonesia. 2014. Bahasa Inggris. When English Rings a Bell. Hal 123.



Sumber : Kerja Kelompok V.F Pendidikan Bahasa Inggris
               Universitas Muhammadiyah Makassar

0 komentar:

Posting Komentar